Selasa, Juli 30, 2013
106
KUALA LUMPUR-(IDB) : Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) memerlukan sekurang-kurangnya enam buah kapal selam bagi membentuk angkatan yang berupaya mengawal sempadan maritim negara secara berkesan.
 
Timbalan Menteri Pertahanan, Datuk Abdul Rahim Bakri berkata, aset pertahanan itu penting kerana kedudukan Malaysia di kawasan tengah Asia Tenggara terdedah dengan konflik bilateral dengan negara-negara jiran termasuk isu Kepulauan Spratly.

Menurut beliau, angkatan kapal selam tersebut juga diperlukan untuk membuat rondaan di Zon Ekonomi Eksklusif (EEZ) negara seluas kira-kira 600 kilometer persegi yang kaya dengan hasil perikanan, minyak dan gas dianggarkan bernilai trilion ringgit.

"Walaupun Singapura tidak mempunyai sempadan perairan yang besar, negara itu mempunyai enam buah kapal selam dan beberapa aset tempur udara yang canggih. 

"Baru-baru ini, Vietnam juga bercadang membeli enam buah kapal selam dan Indonesia telah memiliki dua buah kapal selam yang dibekalkan Rusia," katanya ketika menggulung perbahasan titah ucapan Yang di-Pertuan Agong di Dewan Negara hari ini.

Terdahulu, Senator Abdul Rahman Bakar bangkit mencelah meminta Kementerian Pertahanan menjelaskan tentang keperluan untuk menambah bilangan kapal selam bagi mengawal perairan negara.

Dalam perkembangan sama, Abdul Rahim menafikan dakwaan pihak tertentu kononnya dua buah kapal selam jenis Scorpene yang dibeli kerajaan tidak berfungsi, sebaliknya KD Tunku Abdul Rahman dan KD Tun Abdul Razak turut membuat rondaan di EEZ negara.

Sementara itu, beliau memberitahu, kerajaan sedang mempertimbangkan pembelian peralatan canggih seperti Nationwide Automatic Identification System (NAIS) dan alat pandang malam untuk digunakan di Kawasan Keselamatan Khas Pantai Timur Sabah (ESSCOM).






Sumber : Utusan

106 komentar:

  1. Mungkin pak cik baru kepikiran sodare srumpon ni punya ks kelas kilo plg tidak 2 unit sejak 2007tak pernah sombong dan pongah, sementara awak punya 2 ks klas scorpen yg satu tak bisa menyelam saje sudah berlagak jago di kawasan!! Jgn2 sodare serumpon ku ini menyimpan rudal s 300?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  3. Belom tau die ada tambahan ks lagi bukan 2 dari ruskie tapi nambah lagi mang jadi 10..........

    BalasHapus
  4. Mau beneran kita sudah punya atau tidak Kilo Class, saya salut sama TNI dan strategi pemerintah Indonesia. Yang jelas negara2 tetangga dibikin berpikir beberapa kali saat mau meremehkan kekuatan TNI AL, karena keberadaan kilo yang samar2 (atau dibuat samar2). Yang paling tau yah paling anggota korps satuan hiu kencana itu sendiri. Dan 'efek sampingnya' paling bikin kita para ano dan pengamat militer disini pada gregetan, menggerutu, bahkan menghujat TNI AL dan pemerintah yang suka beli alutsista tanggung. Bravo TNI..!!!!

    BalasHapus
  5. Seorang dubes bukan politikus yg sering berwacana!!! Tak mungkin dubes rusia mengeluarkan statemen yg membuat gaduh regional!!!

    BalasHapus
  6. :) :>) cheer

    BalasHapus
  7. disaat nanti dipublikasikan ya siap2x ada gosip muncul ks kilo di berbagai tempat secara bersama-sama hehe..

    BalasHapus
  8. Yakinn bgt Kiloo class sdh operasionall dilihat dr pernyataan dubes dan dari pejabat berwenang..ibarat puzle kalo di satuin udah pastii ada kilo class tp type apa yg msh kaburr..tapi knp di sippri kok g ada laporan pembelian y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk semua pembelian dilaporkan
      yakhont, Su30 aja gk ada di daftar

      Hapus
  9. Wah jelas sudah kita punya ks kilo. berarti sudah tercium pihak luar nich alusista rahasia kita ada untung dan ruginya. untungnya mereka mulai gemeter ruginya mereka bisa menghitung kekuatan kita. Orang2 kaya Kontras dan semacemnya yg suka ngomel siap2 mengkritisi..

    BalasHapus
  10. Saya berharap indonesia dpt memiliki 13 kpl selam kelas kilo, 5 kpl selam kelas scorpene, 3 kapal selam kelas changboo, 7 kpl selam pengembangan oleh inhan kita dr kpl selam changboo yg dpt menembakkan peluru kendali anti serangan udara.

    BalasHapus
  11. syukurlah kalau mereka tahu, dan paham, tapi ingat "KS yang Indo miliki bukan untuk invasi negara lain, tapi hanya untuk menjaga keutuhan NKRI & kedaulatan NKRI atas wilayahnya".
    Jadi malaysia gak usah gusar atau panik, asal jangan usik wilayah & KEDAULATAN kami.TITIK.

    BalasHapus
  12. Tinggal kekuatan udara kita masih kalah jauh dari tetangga nih. coba liat negara besar lain klo modernisasi gk tanggung2 byk duit kali. India membeli 126 pesawat tempur Rafale, kita cuma beli F16 rongsokan :-?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar bang, entar juga dapet yang gen 5.

      Hapus
    2. Sabarlah.MEf tahap1blm kelar.liat saja MEf berikutnya.ingat ekonomi kita lg tumbuh baik.ada yg mengatakan thn 2030 ekonomi kita kuat.masuk pringkt 8 besar dunia.biasanya ekonomi kuat militernya pun ikut kuat.kaya cina india.jd sabar mas bro

      Hapus
  13. simgketnya "LU JUAL GUE BELI" gitu lon..malon..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantesan malon ga berani lg serobot2 keambalat ada lontong jer

      Hapus
  14. kan TNIAU udah niat beli 180 unit (10 skuadron) dari keluarga Sukhoi..., sabar dikit napa sih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu terdiri dari berbagai varian SU ya boss???

      Hapus
    2. Makanya biar terealisasi kita kita ini ya kerja keras dong trus bayar pajak nah pajaknya bsa beli sukhoi tuh..makanya ayo kita semangat kerja

      Hapus
    3. kalo kita uda bayar pajak, lalu dikorupsi, kita bisa apa??

      Hapus
    4. Itu sih biar kpk yg ngurusin para koruptor.kita tetap peduli pajak sbg wujud rakyat yg taat

      Hapus
    5. SETUJU!!!!!!!! KALAU TERUS MENERUS DI HANTUI OLEH PARA KORUPTOR KAPAN NEGARA INI MAJU JUSTRU KEUTUHAN NKRI BUKAN DITANGAN PENGUASA SEMATA NAMUN KITA RAKYAT JUGA HARUS IKUT SERTA DALAM BERBUAT,NEGARA KUAT DIDALAMNYA DIISI OLEH RAKYAT - RAKYAT YANG SELALU OPTIMIS AKAN KEMAJUAN BANGSA,INGAT KORUPTOR HANYA UJIAN KECIL BAGI SEBUAH BANGSA BESAR JUSTRU UJIAN TERBESAR ADALAH PARA INTLEKTUAL YG HANYA BISA BERKOAR TANPA ADA AKSI DAN REALISASI DARI UCAPAN MEREKA,MUSUH DARI LUAR 25% MUSUH DARI DALAM JUSTRU YANG BANYAK,BERSATU KITA TEGUH BERCERAI KITA RUNTUH.

      Hapus
  15. Rencana kita beli 10 ks dari Rusia yg terealsisasi baru 2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu beritanya tahun 2011,sedangkan komandan ks yang transit disorong bilangnya RI udah ada 5 unit KS tahun ini... :-) ups.keceplosan....

      Hapus
    2. Berarti satu lagi jenis apa ya bro? coba ane terawang (p)

      Hapus
    3. Ks palembang bro satunya wkwkwk

      Hapus
    4. lha sing amur 950 gimana gan..? jadi kan..!!??

      Hapus
    5. Wah iya amur kali yg satunya

      Hapus
    6. Amur kan kapal selam nukir ya??

      Hapus
    7. maaf, yg kapal selam nuklir itu ternyata akula akakak

      Hapus
    8. borey kali satunya, apa typhoon ya

      Hapus
    9. dengernya Amur 1650 juga pernah dibahas lho.., kabarnya bijimana gan..? :)

      Hapus
    10. Bnv udah mondar-mandir......

      Hapus
  16. Yah sekali lagi terbukti Institusi di Indonesia yang saat ini benar-benar menjalankan budipekerti ala Indonesia asli yang "Rendah hati tapi tidak rendah diri" dan "ngono yo ngono tapi ojo ngono" cuma tinggal TNI saja !!! Yang lain-lain sekarang ini mengusung keterbukaan ala Barat yang malah nyaris arogan.

    Bravo TNI !!! lanjutkan kesenyapanmu !!!

    BalasHapus
  17. Boler mana ya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. boler mainan lontong di kaskus gan..., lagi rame... ngebahas lontong.

      Hapus
    2. Boler lg insyaf jer.maklum bln puasa

      Hapus
  18. Lah ko bisa ks scorpene belum lama beli ga bergungsi.....

    BalasHapus
  19. Siap2 buka puasa untuk Daerah Brebes dsk...(c)

    BalasHapus
  20. Sepertinya tni emang didoktrin untuk menyimpan rahasia bro. Ane punya saudara awak salah satu kcr kita, ane nanya ke dia apakah kita udah punya ks kilo? Jawabannya tidak. Tapi sorot matanya tidak bs bohong. Pangkatnya dah lumayan gak mungkin dia tidak ngerti.maren jg abis ikut latgab. Jadi kita tenang aj darat laut dan udara dah ada yang jagain.. Bravo TNI

    BalasHapus
  21. Sepertinya tni emang didoktrin untuk menyimpan rahasia bro. Ane punya saudara awak salah satu kcr kita, ane nanya ke dia apakah kita udah punya ks kilo? Jawabannya tidak. Tapi sorot matanya tidak bs bohong. Pangkatnya dah lumayan gak mungkin dia tidak ngerti.maren jg abis ikut latgab. Jadi kita tenang aj darat laut dan udara dah ada yang jagain.. Bravo TNI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantesan Kevin Rud memperingatkan oposisi nya agar jangan main2 sama Indonesia ternyata ini jawabannya ya bro... =p~

      Hapus
  22. Balasan
    1. akur ya gan..? :>) peace...

      Hapus
  23. Indonesia butuh minimal 12 submarine

    BalasHapus
  24. Bukan 2 KS yg pasti lebih bro.proyk KS bersma korsel cuma buat isu publik bro.buat nutup2pin KS cangih yg itu.yg pntig kita dukung TNI dn pemerinth. jgn mencaci merka yg tau kan merka tentang perthanan bukan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Changbogo cuma pengalihan isu bro, TOT cuma boleh lihat doang (learning by seeing) emang ini yg diharapin oleh TNI AL, setelah kita bs buat sendiri KS jeroannya spt combat management, propulsion, senjata dll pake punya kilo jd deh variant kilo class submarine made in indo yg sgt menggetarkan, kwkwkw skrg giliran korea kita bego2in

      Hapus
  25. KCR trimaran Klewang juga harus dirahasiakan biar tidak ada unsur sabotase, terlanjur digembar gembor taunya kebakar... mudah2n ada kejutan lagi tau2 kita punya su35 dah nongkrong di Bandung hehe.... :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klewang terbakar? Perhatikan dg teliti klewang yg terbakar dg klewang launching.....ada perbedaan.
      Pada saat klewang terbakar......ada peristiwa penting lain,...he..he..
      Peluncuran Yakhont dari ...Ks. Nenggala....enggak tahu ini Nenggala yg mana?

      Hapus
    2. ks nengala gak bisa dipasang rudal yakhont bro....kecuali ks dari rusia mungkin amur kali....

      Hapus
    3. Indonesia pesen 50 rudal Yakhont, yg dipasang di Van Speijk klass cuman 4 tabung VLS. total kpal ada 4. berarti kan yg dipasang cman 16 rudal aja. buat cadangan anggep aja 16 jga. masih sisa 18.ga mungkin donk dipasang ke kapal yg lain kecuali itu emg buat kapal selam. Kalo Kasal bilang ada ujicoba KS. Nanggala ngluncurin Yakhont itu maksudnya bukan KS Nanggala class 209/1300 tapi KS.Nanggal yg Kilo klas. Bisa aja kan Yg Kilo jga dinamain Cakra ma Nanggala coz mungkin bentar lagi tuh yg buatan Jerman bakalan pensiun.

      Hapus
  26. Apa yg di sampaikan timbalan mentri pertahanan malysia itu betul.karn pada wakt dia berbicara di dalam parlimen malysia wakt soal jawb antara kerajaan ma parlimen dan itu di siarkan di TV1 malaysia N LIVE. Jadi benar adanya indonesia ada kilo class.dan ini pakta bahwa pangkalan kapal selam di palu itu sangat besar memang di rancang untk berkumpulnya kapal selam besar.karna sangat aman.

    BalasHapus
  27. Luasnya lautan indonesia tdk cukup dijaga 12 kapal selam, apalagi wilayah laut, pesisir,darat dan udara yg tdk semua terjangkau radar shg perlu dan penting bg indonesia memiliki 25 - 35 kpl selam, sekaligus berfungsi utk memberikan perlindungan bg kpl perang permukaan yg sudah uzur (tua).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju.....

      Hapus
    2. Setuju2 aja bro tpi untuk skrg blm bs kebeli tuh 25 ks.untuk 12 ks aja untung untungan bisa kebeli sampe MEF 3 2024.

      Hapus
  28. Trimaran yg terbakar adlh trimaran palsu.
    Mungkin angan2 yg berlebihan, tp begitulah dugaan dan harapan saya.
    Rasanya sangat aneh...
    Kapal Perang,
    Siluman,
    Mampu meluncurkan Rudal atau min. Roket yg tentu sangat panas saat diluncurkan,
    berteknologi tinggi, dan dirancang para ahli yg tlh melakukan study selama 2 thn lebih.
    Tp terbakar krn terjadi konslet.... kwkwkwkw....

    BalasHapus
  29. hot hot hot, (y)

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  31. Ini artikel sampah , sudah tahu tni hanya punya 2 ks tua , masih keluar artikel ks kilo , kapal selam terlalu besar di tutupi alaa jet tempur . Yg patut di pertayakan kebijakan penguasa sekarang , lamban dalam pengadaan alutsista buat Tni al ,au , dalam perang moderen jellas sangat menentukan sekali .

    BalasHapus
    Balasan
    1. minder banget ya om... biasa jd pecundang ya..hehehe... semua org pintar di atas itu apa bohong? hehehe..bacalah yg benar ...

      Hapus
    2. kasian banget lu,masih percaya ama yang"buka-bukaan"ndak tau strategi militer yaa??

      Hapus
    3. dasar sia "pehul"

      Hapus
  32. Terlalu besar memang iya, tapi juga terlalu mudah buat disembunyikan toh? Apalagi habitatnya kan didalam air nggak ngambang diudara? Ya toh?

    BalasHapus
  33. Strategi pengecohan berhasil semua jiran panik,..masa keemasan SRIWIJAYA DAN MAJAPAHIT akan kembali..jaman dimana ekonomi dan militer kuat...hidup NKRI mari kita kuasai bersama kekayaan NKRI untuk anak cucu kita agar menjadi TUAN dinegeri sendiri.

    BalasHapus
  34. wakakakaka orang kalau mabok cucian beras ya gini...mimpi melulu...ayo taruhan,kapal selam kita memang cuma 2,,..ngimpi punya 4 dll...yya tambahan cuma cangbego itu....didunia ini sudah tiada rahasia berapa jumlah alutsista tiap negara,semua negara sudah tau perdaganagan senjata...yang rahasia itu cuma misi dan penempatan...alutsista kita ini katrok dan dikit..beda dengan india yang super wah...baru kalian mimpi spekulasi ini itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. watak kaum tertindas. rendah diri. biasa jd suruhan spt ini jgn ditiru ya...hehehe..

      Hapus
    2. maklum dia udah merasa paling pintar..wkwkwk...

      Hapus
    3. maaf mas globalisasi dan keterbukaan informasi memang sudah hal lumrah sekarang tetapi tidak dengan dunia militer...dunia militer itu punya dunia sendiri dimana sebuah kerahasiaan merupakan hal yang harus dijaga agar tidak diketahui oleh pihak"lawan"apalagi negara besar macam Amerika dan Rusia mereka menjaga ketat rahasia militer mereka..kalo misal anda jadi panglima apa anda langsung percaya laporan resmi jumlah senjata dari negara tetangga?

      Hapus
    4. kan ada istilah 'senjata rahasia', "Ilmu Kebal dan Ilmu Lembu Sekilan"... wkwkwkwkwk... :d

      Hapus
  35. Kemanakah 2 kapal selam TNI AL kelas KILO disimpan??
    Ya. . .masih berada di rusky,,, sama
    seperti hal nya singapore menyimpan pesawat tempur f15 di pangkalan AS,,, tujuan sama supaya dikawasan asean tidak memancing perlombaan senjata.

    BalasHapus
  36. ingat dlu kita pnya 12 kapal selam kelas whiskey, yg jd monumen cm 1. sedangkan sisanya,apakah pemerintah mempublikasikan sisanya kmn?? apakh google earth tau sisanya kmn??? ini ud jelas klo kapal selam indonesia sejak dlu adlah senjata strategis dan rahasia. jdi kita pnya kilo dan amur pun juga di rahasiakan. bhakn 401 dan 402 mutan pun jg dirahasiain. Dan kalopun ada perang kapal selam dalm laut pun kita org sipil mana bisa tau,hidup mati awak kapal selam pun jg g ad yg tau kecuali keluarganya. beda dgn psawat dan kapal laut , tu barang emg g bisa diumpetin, pke mata setengah watt aj bisa dliat tu barang, bahkan orang buta pun bisa dengar ada psawat& kapal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dlu itu bkan punya 12,tpi 24....
      Udah dri dlu tni kalok beli barang di rahasia'in...
      kri cakra ma nanggala aja udah dpat lpan thun baru di kluarin...entah kpan datang nya msih gk tau.....

      Hapus
  37. maklum aj pak cik.... di sekitar ane banyak maling sial...

    BalasHapus
  38. Kapal selam kilo emang yahud kok,bikin meriang panas dingin negara lain cuma sayang kalo cuma punya 2unit masih kalah dengan vietnam. Nih senjata bawah laut buat lawan dilaut juga. sekarang gimana dengan darat dan udara? INFO TERBARU ATM MALAYSIA MEMPERSIAPKAN KAPAL FREGATE/CORVETTE GOWIND CLASS 6UNIT (LAWAN TANDING SIGMA CLASS/PKR,SILAKAN CEK KEMAMPUAN 2JENIS KAPAL NI MILIK TLDM DAN TNI AL),RADAR VERA-E (SEJENIS VOSTOK-E MILIK VIETNAM GUNA MENDETEKSI BENDA TERBANG APAPUN TERMASUK YG MEMILIKI KEMAMPUAN SILUMAN HINGGA 450KM,TNI??? SILAKAN CEK),RADAR JAMMER (BUAT MENGACAK,MENYADAP,SERTA MENGACAUKAN ALAT KOMUNIKASI INFANTRI LAWAN,SDH DIPAKAI PERANG DG PRAJURIT SULU HASIL SUKSES,GIMANA DG TNI?) MONGGO DIDISKUSIKAN BUAT KELAK KEBAIKAN TNI KITA?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo itu memang benar, tunggu kebijakan pemerintah dan kepala tni yang baru. akakak

      Hapus
  39. hahahah..pada senang gosip
    spt ibu-ibu arisan yg menggosipkan ukuran "kapal selam" para suami wkwkwkwk..
    biarlah yg rahasia tetap rahasia,
    ada atau tidak ada sudah ada yg ngurusi, ga usah ngimpi aneh-aneh dan ga usah sewot.

    BalasHapus
  40. Kalo kaya gini mah forum ngumpulin duit buat menhan belanja lagi gak daaaaah!!! Pak Menhan kapan buka rekening khusus sumbangan alutista forum rakyat peduli alutista TNI!! tak siapkan 1 M Daaaaaahh!!!!! :>) 8-)

    BalasHapus
  41. kalau melaihat statemen dubes rusky g mngkin bo,ong...
    kjadiannya sdah dua kali. kalau agan semua ingat dengan kedatangan kapal penjelajah rusia tahun silam ke indonesia.. dengan tujuan apakah yang sebenarnya kita tidak tau kan?
    biasanya setiap pelayaran kapal perang pasti ada tujuan, mengadakan pelatihan dengan negara yang dikunjungi adakalanya sebagai pengalihan isu,
    dan biasanya perjalanan kapal perang tersebut dalam rangka mengawal pengiriman pesanan negara pemasok...yach analisa sendiri deh...

    BalasHapus
  42. lihat aja k wil timur indonesia,skitar perairan p.seram,sesekali terlihat ks yg muncul k permukaan,katanya cuma punya 2 ks&katanya sdg uji coba nembak rudal yakhont,kok ada ks yg sering meronda di wil laut timur indonesia???mana mungkin 2 ks yg sdg lat.armada jaya,tetapi dgn waktu yg bersamaan terlihat pula ks di timur laut indonesia&ada yg bersandar pula di sorong???

    BalasHapus
  43. Bagus jika kita gak selalu gembar-gembor soal senjata. Mesti kadang harus dirahasiakan keberadaan sistem senjata kita yang canggih, tapi di lain pihak juga harus kita umumkan senjata yang semi canggih . heheh. Klo indo punya Su 35 BM mohon dirahasiakan saja. biar tidak melulu lomba senjata. Seandainya punya KS kelas Nuklir , tidak akan terpentok pada UU pertahanan karena kita memang blm bsa buat ks kelas nuklir. jadi segeralah beli sebelum kita terkena dampak UU pertahanan dimana nanti sebentar lagi kita sudah dapat buat KS kelas Changbogo. Brilian?

    BalasHapus
  44. o iya . kenapa tidak dikumpulin duit aja buat beli alutsista. mgnkn dapat banyak . wkwkwkwk.

    BalasHapus
  45. Ayoo kawan-kawan belajar menahan diri cool gitu loh jangan emosian .. meledak-ledak ... semua juga bangga kalau TNI kita kuat, tapi biar hati kita menggebu pengen loncat-loncat rasanya ... muka dan mulut harus tenang seperti pembunuh berdarah dingin ... slow ajaa ... kalau kita bisa begitu ... itu baru bangsa yang besar dan mengerikan ...

    BalasHapus
  46. ga usah digembar gembor utk urusan alutsista serahkan aja ma para punggawa para ksatria indonesia yg ahlinya dlm memilih alutsista yg cocok dgn wilayah geografis indonesia. Yg pnting kalangan dpr dukung sepenuhnya jg sluruh rakyat.

    BalasHapus
  47. iya bro ano 19.33 yg namanya senjata pamungkas emang hrs dirahasiain. Tp smoga bnr adanya alutsista modern n canggih sdh ada di indo. Biar yg biasa2 aja yg dikeluarin yg lain ttp dirahasiain. Dan utk mef senjtnya khusus pesawat tempur kpl2 perang n alutsista lainnya bkn brg bekas.

    BalasHapus
  48. nurut ane lbh dr 2 ks indonesia py

    BalasHapus
  49. Yang namanya Rahasia ya Rahasia..kita tahu badan pengawasan perdagangan senjata itu produk asing/barat, kita smua tahu bangsa barat tdk akan suka bangsa asia menjd superior, dan kita jangan munafik di era keterbukaan ini apa mesti terbuka itu harus mengelupas termasuk aib2nya? WNI yg suka mengumbar aib bangsa sendiri saya pastikan 100% saya ragukan Nasionalismenya

    BalasHapus
  50. Sepertinya kapal selam kita banyak.coba kemana kapal selam eks jaman sukarno yang 12 biji yang diumbar cm 2 kan??? Sepertinya masih fungsi tetapi tidak dimasukan hitungan.Tambah ks kilo yang baru...coba dihitung berapa tu....gak mungkinlah laut nkri seluas begini cm ada 2 ks....masak pemimpin2 kita membiarkan saja celah celah laut kita dimasukin ks negara lain??COBA PIKIRKAN BRO....

    BalasHapus
  51. from : http://en.wikipedia.org/wiki/Type_206_submarine

    Notes:
    After its decommissioning, U21 had an ever-changing history: First it should have been sold to Indonesia as Cundamanik. After the deal failed it was about to be scrapped in Itzehoe, but HDW managed to salvage it for the planned company's museum in Kiel. After that had to be given up, U21 was gifted to the city of Eckernförde and towed there. For a short time it had been a well accepted tourist attraction/technology museum, but because of local politics it was sold for scrap and broken up.
    U13, U14, U19 and U20 were also to be sold to Indonesia. Their names would have been Nagarongsang, Nagabanda, Bramastra and Alugoro.

    BalasHapus
  52. ini baru MEF Imasih ada MEF II & MEF III atau bahkan MEF IV, V, VI dst..., kita masih teruz membangun, tidak berhenti sampai disini.

    Tapi sepertinya cukup sudah 3 varian dari asia, eropa(barat) dan rusia(timur). biar gak logistic nightmare.sedangkan pengadaan bnv diartikan untuk pembunuh scorpene ..maka ngapain juga beli scorpene. dan sepertinya kerjasama dengan Rusia soal perbaikan KS rusia (material & renovasi) bengkelnya ada di Indonesia. Ini bisa mengcover milik vietnam yang tentunya vietnam tidak mau mereparasi lontongnya ke panda..kan musuhan..sedangkan ke ruskie terlalu jauh.
    Tuk trik pemasarannya tuk calon pengguna KS Ruskie negara negara asia pacific reparasinya bisa dicover oleh kita Indonesia.
    Mirip PT DI yaa kerjasama dengan AM gtu.

    BalasHapus
  53. Menurut saya klw indo punya anggaran besar nnti hrsnya banyakin ks sebab sebagian besar wilyh laut.seperti ks mini ,ks jenis changbogo dan klas berat ks kilo

    BalasHapus
  54. MAKANYA KITA TDK BOLEH UNDER ESTIMATE DULU SAMA TNI/PEMERINTAH, ALUTSISTA ITU MAKIN RAHASIA MAKIN DI TAKUTI LAWAN, SEDIKIT SAJA LAWAN LENGAH DAN PONGAH, KEUNTUNGAN BAGI KITA, SIAPA YG TAU KITA PUNYA "RUDAL YG ANGKER" DARI RUSIA/CHINA ??

    BalasHapus
  55. Kalau kita pikir negara Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia,
    paling tidak untuk menjaga keamanan lautnya, tidak mungkin hanya dijaga dengan
    dua kapal selam, sangat tidak masuk akal, jadi menurut saya luasnya laut Indonesia harus dijaga minimal 15 kapal selam, semoga program tot untuk kapal selam bisa berhasil dan sukses.

    BalasHapus
  56. memang benar killo sudah going ocean di perairan kita tercinta...dan klewang siluman tetap siluman dengan pengalihan isu terbakar...but its heading ocean ...pacific tepatnya...ada pernyataan kevin rudd khan yang mulai menghormati negara besar kita ....

    BalasHapus
  57. kalau bisa taruh satu di maluku !!!

    BalasHapus
  58. kalau bisa taruh satu di maluku !!! :((

    BalasHapus
  59. dasar orang-orang bodoh semua, pada kpancing tulek sandi,

    BalasHapus
  60. ibu2 lagi pada ngegosip :-)

    BalasHapus
  61. kilo class...banyak thu dipangkalan AL surabaya.....mmngnya gk pada liat apa??

    BalasHapus